Trik Mempercepat Startup di Windows 100% Berhasil - Tutor41

Trik Mempercepat Startup di Windows 100% Berhasil

Software adalah file yang dibutuhkan sebuah perangkat untuk memudahkan kita melakukan sesuatu. Banyak sekali software yang yang bermanfaat bagi komputer, contohnya CorelDraw untuk editing gambar, GOMPlayer untuk pemutar video, Aimp untuk pemutar musik , Microsoft Office untuk mengolah kata dan angka, Kaspersky Antivirus sebagai pendeteksi virus, dan masih banyak lagi lainnya. 

Akan tetapi untuk pengguna terutama Windows jika terlalu banyak mengintsal software/aplikasi akan membuat komputer menjadi lambat. Lambat dalam artian, saat proses startup atau saat pertama kali komputer dinyalakan akan terasa lambat, Hal ini dikarenakan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh komputer banyak dijalankan pada saat proses startup. 

Aktifitas itu akan membuat kita kesal juga pasalnya untuk loading ke menu desktop membutuhkan waktu yang cukup lama sekali. Oleh karena itu, untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan bisa sobat lakukan seperti langkah-langkah dibawah ini :

1.       Pertama buka perintah RUN dengan menggunakan tombol kombinasi yaitu WINDOWS + R lalu akan muncul tampilan.
2.       Pada tampilan tersebut ketikan “ msconfig “ tanpa tanda petik lalu tekan OK
3.       Setelah muncul , pilih Tab Menu Startup pada System Configuration tersebut.
4.       Selanjutnya pilih aplikasi yang kurang dibutuhkan dengan menghilangkan tanda centang atau disable pada Menu Startup.




5.       Setalah itu lakukan Restart komputer sobat untuk melihat perubahannya.

Mudah bukan?Itulah cara paling efektif untuk membuat komputer sobat terlihat enteng dan tidak lambat pada saat startup. Saya sarankan untuk menonaktikan aplikasi yang benar-benar tidak digunakan. Semoga aritkel kali ini bisa bermanfaat bagi sobat Tutor41. Jika ada pertanyan silakan komentar dengan baik. Terima kasih

5 comments:

  1. Gan kalo idm nya di disable ngaruh enggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman admin, sebenarnya tidak berpengaruh gan jika aplikasi IDMnya di disable. sebab langkah diatas hanya pas saat proses loading pertama agar tidak berat atau membuatuhkan waktu lama saat masuk ke menu desktop itu aja. Jika agan kepengien aktifin IDM nya, ya tinggal buka aja IDM nya. Terima Kasih udah mampir gan....

      Delete
  2. Gan, maaf beda sama yang dipostingan, windows 10 saya CPU 100%, cara atasi gmna min?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sama-sama. terima kasih sudah mampir.

      Delete