(Pengalaman) Apa itu Deep Web? - Tutor41

(Pengalaman) Apa itu Deep Web?


Siapa disini yang tidak pernah mengakses internet, pastinya sobat sudah sering sekali menggunakan internet. Facebook, Google, Youtube adalah salah satunya fasilitas layanan internet yang bias kita gunakan di mana saja , asal kita terhubung dengan internet. Tapi tahukah sobat-sobat semua, layanan internet yang sering kita akses adalah hanya sebagian dari internet atau hanya bagian luarnya saja.

Internet dibagi menjadi 2 bagian yaitu Surface Web dan Deep Weeb.  Kali ini admin akan membagikan hasil pengalaman saat menjelajahi sisi tergelap internet atau orang menyebutnya sebagai DEEP WEB. Kata deep web pertama kali dipelopori oleh Mike Bergam, yaitu seorang pendiri dari BrightPlanet. Di dalam deep terdapat konten mulai dari yang berbau posistif hingga negative bahkan terdapat informasi, data yang sangat penting sekali yang jauh lebih detail dari surface web.

Mengapa ada Deep Web?

Web-web yang ada di dalam Deep Web tidak dapat ditemukan dengan mesin pencari biasa seperti Google, Bing atau Yahoo. Itulah mengapa Deep Web biasa disebut dengan Invisible Web.Yang perlu Anda tahu bahwa di dalam Deep Web terdapat banyak sekali sisi gelap yang tidak dapat di jangkau oleh Web biasa.
Oleh karena itu, untuk memasuki gerbang Deep Web, kita perlu menggunakan tools khusus untuk mendapatkan informasi di dalam Deep Web.Ibaratnya jika kita saat ini berada di permukaan laut untuk berenang, maka untuk mengakses Deep Web kita perlu menyelam untuk melihat isi didalamnya.

Apa isi dari Deep Web?

Seperti yang saya jelasan diatas di Deep Web banyak sekali terdapat konten yang tidak ada di surface web. Sebagian besar terdapat konten-konten berbahaya dan illegal, misalnya jual beli narkoba, penyewaan pembunuh bayaran, penjualan organ manusia, data-data negara yang sangat penting, bahkan juga terdapat penayangan adegan-adegan penyiksaan.


Apakah Deep Web Itu bahaya?

Sebenarnya, dari pengalaman saya bahaya tidaknya tinggal kita bagaimana cara menggunakan deep web itu. Tapi untuk orang awam dan orang yang baru pertama kali membuka deep web saya sarankan untuk lebih berhati-hati tidak mengupload data-data pribadi dan tidak asal klik juga.
Karena didalamnya terdapat konten yang tidak resmi bahkan banyak disusupi malware dan program jahat lainnya. Tetapi, jika Anda sudah paham seluk beluk IT maka Anda tidak perlu takut jika ingin mengakses deep web.
Jangankan deep web, website yang bukan deep web saja rentan disusupi malware

Apa yang perlu dipersiapakan untuk menjelajahi Deep Web?

Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah kita haru berhati-hati. Disana banyak sekali bahaya mengintai Anda, jika salah langkah maka data-data Anda dapat dicuri dalam waktu singkat.

Nah, disini ada beberapa cara aman untuk memasuki dunia Deep Web. Namun cara ini tidak benar-benar aman jika Anda tidak hati-hati dalam menggunakannya.

Untuk menggunakan deep web software yang digunakan adalah Tor Browser

TOR Project Browser

TOR adalah kepanjangan dari The Onion Router, TOR adalah sebuah browser seperti Google Chrome dan Firefox, namun ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dua browser tersebut.

TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita mengakses internet secara anonim. Dikarenakan di dalam deep web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamanan berinternet, maka TOR dapat melindungi Anda dari hal tersebut.

Saat Anda menjalankan TOR koneksi asli pengguna akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi oleh pihak manapun baik dari ISP maupun situs yang dikunjungi.

Untuk mengunduh TOR browser, silahkan ikuti tautan berikut : Tor Project

Setelah selesai mengunduh, install TOR Browser hingga selesai kemudian start TOR Browser. Selamat, Anda dapat mengakses dunia Deep Web dengan aman.

Namun sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda membaca tips berikut:

ü  Sebaiknya menggunakan proxy/VPN agar lebih aman.
ü  Jangan melakukan login ke situs manapun selama browsing di Deep Web.
ü  Tampilkan selalu indikator trafik internet, waspada traffic mencurigakan.
ü  Setelah browsing, hapus history, cache, dan folder temp komputer.
ü  Jangan menyimpan sandi di browser.
ü  Jangan mengunduh apapun di Deep Web menggunakan IDM.
ü  Selalu gunakan block POP-UP.

Terima kasih telah mengunjungi artikel (Pengalaman) menjelajah Deep Web semoga bermanfaat dan bisa diambil apa yang saya sampaikan. Berhati-hati adalah hal yang terbaik untuk mencoba sesuatu. Salam Tutor41. Nantikan artikel berikutnya,....

2 comments:

  1. Mantap gan.. ditunggu artikel selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan. terima kasih sudah mampir gan.

      Delete