Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak atau Error - Tutor41

Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak atau Error

Terima kasih atas kunjungannya di Tutor41, untuk mengisi waktu luang saya akan membagikan cara memperbaiki keyboard yang rusak dan erorr. Keyboard adalah salah satu perangkat eksternal komputer yang berguna untuk memasukkan data yang berupa angka, huruf, simbol, dan tanda baca. Namanya juga perangkat yang pasti akan mengalami kerusakkan hehehehe (:-0). 


Banyak sekali kerusakan  terutama pada tombolnya yaitu tidak berfungsi dengan baik karena usia yang sudah tua. Untuk menangani hal tersebut lakukan seperti di bawah ini:


1.      Cek keyboard anda

Pertama tekan semua tombol pada keyboard komputer apakah ada respon atau tidak. Jika ternyata keyboard anda membuat kompuer error ata tidak ada tanggapan. Bisa dipastikan bahawa kerusakan terjadi pada perangkat lunak keyboard yang berda di dalam keyboard.


2.      Bersihkan tombol pada keyboard
Saat kita mendiagnosis keyboard ternyata hanya terjadi pada salah satu keyboard tertentu. Lakukan pembersihan keyboard menggunakan kain halus contoh (Canebo), bersihkan pada permukaan keyboard komputer yang rusak jangan lupa basahi kain anda agar hasilnya lebih efisien. Atau gunakan penyedot debu untuk keyboard agar debu didalam keyboard hilang




3.       Lepaskan tombol keyboard yang tidak bekerja

Jika hal di atas masih gagal, lepaskan tombol keyboard laptop anda menggunakan pemotong kuku atau kuku panjang anda dengan hati-hati. Lakukan dengan menarik keluar penjepit pada keyboard laptop yang rusak hingga benar-benar terlepas keluar. Kemudian angkat penjepit yang terlipat ke bawah pada tombol dan bersihkan secara perlahan dan behati-hati.


4.       Bersihkan PSB keyboard dengan kain kering

PSB adalah Papan tempat keyboard untuk memasukkan data jika kita tekan akan menampilkan respon berupa huruf. Biasa PSB warna coklat (kuningan) dengan permukaan hijau. Lakukan pembersihan pada temapt ini secara hati-hati. Gunakan penyedot debu atau kain yang halus kering. Laukan dengan baik agar kerusakkan tidak fatal.


5.       Pasangkan kembali tombol keyboard secara benar

Jika sudah pasang kembali tombol keyboard. Pasangkan penjepit antara keyboard dengan tombol dengan masukkan ke penjepit lalu taruh ke dalam agar masuk. Lakukan secara hati-hati dan tepat.



6.       Coba Keyboard Anda

Setelah pembersihan dan pemsangan selesai langkah selanjutnya adalah uji coba keyboard anda. Jika ternyata hal di atas tidak mengalami perubahan. Bisa dipastikan keyboard anda sudah rusak atau beli yang baru.

Ini adalah contoh kerusakan dan solusinya yaitu sebagai berikut:

1.   Tombol Keyboard Erorr atau Tidak Berfungsi

Ciri-Ciri :

·          Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi.

·     Tombol seperti tertekan terus.

·          Terdengar bunyi beep yang panjang seperti tombol tertekan terus.

·          Saat  menyalakan harus menekan salah satu huruf.

Solusi :

·          Lepas semua sambungan charger.

·          Lepas keybord dari laptopnya.

·          Lepas semua tombol keybord seperti penjelasan langkah ke 3.

·          Setelah semua terlepas, gunakan penyedut debu atau hair driyer untuk membersihkannya.

·          Setelah selesai pasang kembali keyboard laptop jika belum berfungsi dengan baik, anda bisa membersihkan kotoran keyboard dengan kuas dan keringkan.


2.   Tombol pada keyboard Tertukar Huruf/angka 
Ciri-Ciri :

·     Seringkali ketika selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop  ada yang berubah: ketika kita tekan tombol  q,w,e,r,t,y yang muncul adalah angka 0,4,6,7,9,0

·          Biasanya ini terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.  Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di laptop.


Solusi :

·           Tekan tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK.




·          Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.  Sekarang coba tekan tombol  q, kalau masih muncul angka 0 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.

Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.



3.   Tombol Keyboard Tidak Berfungsi sama Sekali

Ciri-ciri :

·     Tombol tidak berfungsi sama sekali

·     Bahkan lampu Num Lock dan Caps Lock tidak hidup

·     Tombol keyboard macet-macetan/tidak normal


Solusi :

·     Lakukan Langkah pada permasalahan No 1 hingga tuntas

·     Coba bersihkan dengan Air/Alkohol dan keringkan dulu hingga benar-benar kering.

·     Perhatikan tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (Colokan Keyborad) tidak berfungsi dengan baik.

·     Coba restart komputer/Laptop anda terlebih dahulu.
Bila langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, tetapi belum ada hasil yang memuaskan, silakan beli yang baru sebagai solusi terakhir. 


Ok terima kasih atas berkunjungnya semoga bermanfaat jika ada pertanyan silakan comment dan bisa juga share agar yang lain juga tau...

2 comments:

  1. kemarin keyboarku eror langsung aku ganti, mahal, kalau tahu begini bisa dibenerin mah gue benerin dl ya.. apa mungkin karena drivernya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gpp gan. Kalau driver keyboard rata-rata semua sistem operasi sudah terinstal (bawaan). Terima kasih Walidin telah mengunjungi Tutor41.com

      Delete