Ransomware Wanna Cry, Apa itu? - Tutor41

Ransomware Wanna Cry, Apa itu?

Dunia baru-baru saja dikabarkan bahwa terdapat serangan Ransomware Wanna Cry secara besar-besaran dan sekarang lagi maraknya berita tentang Ransomware ini.
Eehm.. Ransomware Wanna Cry apa itu, ya???
Itu bukan makanan bahkan bukan juga semacam minuman, hehehe,  tetapi adalah sejenis malware yang dibuat seseorang dengan mengacak, mengenkripsi, mengunci data yang terdapat di dalam komputer bahkan android kita.

Seminggu kemarin rumah sakit di seluruh dunia dan juga termasuk juga Indonesia menjadi sasaran penyerangan ransomware tersebut. Jadi, secara langsung mengganggunya pelayanan terhadap masyarakat karena data-data semua pasien tela dikunci.

Tampilan Ransomware Wanna Cry

Cara kerja malware ini adalah dengan memanfaatkan kelemahan SMB yang berjalan dalam komputer kita.

Jadi, Gimana cara penyebarannya ransomware ini??...

Ransomware ini banyak menyebar melalui email kita yaitu seseorang mengirimkan lampiran yang berisi malware ke email dan diberikan keterangan sebaik dan semeyakinkan mungkin. Hal ini banyak disebar dikalangan perusahaan, karena perusahaan menggunakan teknik komputerisasi untuk membuka dan membaca email dari pengirim secara otomatis sehingga dimanfaatkan oleh para hacker untuk menyebarkan Ransomware Wanna Cry ini. Hal ini, saya sarankan untuk tidak membuka pesan email secara sembarangan.

Ransomware Wanna Cry Hack


Cara mengatasi terjangkitnya Malware Ransomware Wanna Cry di komputer anda, lakukan hal-hal dibawah ini untuk menjaga data anda aman adalah:

1.      Backup Data Anda Secara Berkala.
Backup adalah langkah paling bijak untuk membuat salinan data sehingga jika kita sewaktu-waktu data kita hilang, rusak, dan crash. Anda bisa mengambil data yang anda butuhkan kembali.

2.      Matikan SMB Service.
Karena Ransomware ini memanfaatkan kelemahan dan menyebarkan kembali pada komputer kita. Anda perlu mematikan layanan SMB ini dengan memblokir dan mengaktifkan port pada 139, 445, 3389.

3.      Matikan Koneksi Internet
Gunakan internet dengan seperlunya saja sehingga mencega terjangkitanya Malware ini ke komputer kita.

4.      Update Patch Antivirus anda.
Antivirus adalah cara untuk mengamankan terbaik dari virus dan malware. Untuk itu, lakukan update pada antivirus anda sehingga celah keamanan pada komputer anda semakin baik.

5.      Lakukan Scanning Antivirus secara berkala.
Hal ini dilakukan agar komputer atau PC kita tetap terjaga dan mencegah virus, malware, ataupun data yang dicurigai berbahaya akan terdeteksi saat proses scanning pada antivirus anda.

6.      Jangan klik link URL Secara Sembarangan
Hati-hati jangan begitu percaya dengan domain yang tidak jelas dan abal-abal, dan juga tidak sembarangan mendownload data lampiran yang tidak dikenal dari email anda yang dikirim oleh orang lain.

Jadi, Ransomeware ini sangat berbahaya karena bisa mematikan bisnis kita. Beberapa perusahaan sangat sedih sekali karena sudah membayar uang tebusan untu mendapatkan datanya kembali, tetapi data kita masih di enkripsi. Untuk itu lakukan hal di atas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan selalu berhati-hati saat menjelaja di intenet. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Salam Tutor41... 

2 comments: