Tips Password Aman 100% Berhasil - Tutor41

Tips Password Aman 100% Berhasil

Modern adalah perubahan dari jaman kurang canggih ke lebih efisien. Jaman ini banyak sekali kecanggihan untuk di bidang keamanan mulai dari bidang militer, kedataan, dan akun pribadi kita. Dari hal itu kita dituntut bagaimana cara membuat sebuah keamanan agar tidak bisa diketahui orang lain.

Password adalah cara aman  memberikan keamanan pada kedataan dan akun kita.Tidak mudah ditebak orang lain adalah password yang baik. Tapi kenyataannya, masih banyak orang membaut password hanya memilih password yang mudah dilihat dan dihafal. Password secara umum yang biasa digunakan adalah biasanya bersangkutan dengan nama kita, tanggal lahir, nomor telepon dan kata-kata lain sehinga mudah ditebak.
Rata-rata password yang sering dipakai orang adalah “12345678” , “0987654321”. Password diatas tidak aman sekali dan sangat mudah sekali untuk ditebak. Oleh sebab itu tingkatkan lagi kualitas proteksi akun-akun internet Anda dengan membuat password anti hacker agar akun Anda di internet aman.
Oleh karena itu, Tutor41 akan membagikan gimana cara membuat kemanan pada password yang berkualitas dan 100% aman. Coba pratitkan langkah dibawah ini:

1.    Hindari Membuat Password Umum
Langkah pertama adalah anda harus menghindari password atau kata sandi yang umum digunakan oleh orang lain. Misalnya jangan membuat password dengan deretan angka 1 sampai 9 saja, tapi bisa acak angka tersebut

2.    Buat Password Panjang
Password yang panjang bisa dikatakan memiliki keamanan yang lebih baik, oleh karena itu kita sebai user bisa lakukan ini dengan membuat password yang panjang sehingga membuat pembobol kesulitan utnuk membobol akun anda

3.    Jangan Gunakan Kata Bahasa Inggris
Untuk yang belum tau, sata kita menggunakan password yang menggunakan kata-kata berbahasa inggris  belum tentu aman lo sabat!.. Kenapa ?..
Karena kasus membuktikan bahwa hacker atau pembobol bisa menggunakan metode Dictionary Attack, yaitu metode dimana kata bahasa inggris diacak. Hindari pembuatan password dengan kata Bahasa Inggris seperti IMissYou, GoodBye, ILoveYou, dan Thankyou, dan lain sebagainya.

4.    Kombinasikan Dengan Angka, Huruf, dan Karakter
Yang paling utama adalah buatlah password berdasarkan kombinasi angka, huruf, karakter khusus dan aneh. Coba bayangkan jika password yang anda buat seperti ini: HM7169@-tt tentunya itu akan membaut sulit sekali untuk orang lain ditebak.

5.    Hindari Menggunakan Tanggal Lahir
Hindarilah penggunaan kata password anda menggunakan tanggal lahir. Kerena apa sobat password ini sangat mudah ditebak dan banyak sekali hacker yang membobol akun menggunakan password tanggal lahir.

6.    Kombinasi Upper dan Lower Case
Upper Case adalah penggunaan huruf kapital sedangkan Lower Case adalah penggunaan huruf kecil. Password yang baik jika kita menggunakan cara ini sehingga pembobol lebih sulit untuk meretasnya.
Coba perhatikan ini : admintutor41 dan AdmINtUTor41, menurut Anda mana yang lebih kuat keamanannya? Tentu saja contoh password yang kedua itu sangat baik, apalagi jika Anda campur lagi dengan angka dan karakter khusus.

7.    Matikan Fitur Pengingat Password Browser
Cara yang ke tujuh adalah matikan fitur pengingat kata sandi atau password pada intenet browser anda. Setiap internet browser kini dilengkapi dengan fitur Remember Password, artinya jika kita mengaktifkan fitur itu maka ketika akan anda masuk akun akan membuat lebih cepat maka artinya browser akan menyimpan username dan kata sandi anda.. Mengaktifkan Fitur ini akan membuat Hacker mudah juga dalam meretasnya.

8.    Ubah Password Secara Berkala
Saat kita membuat  password kita membiarkan, mungkin beberapa pemikiran password kita sudah aman. Tapi dengan mengubah Password anda secara berkali missal 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali akan membuat akun anda menjadi lebih aman.

9.    Buatlah Password Tiap Akun Beda
Mungkin bukan umum jika kita sebagai pengguna senang jika lebih cepat, jika dibuat semua akun media social kita. Oleh karena itu biasakan untuk membaut password tiap akun berbeda beda, tapi ada juga beberapa orang  takut jika lupa akun atau passwordnya disamakan. Namun Admin Tutor41 menyarankan untuk sobat untuk membuat password tiap akun anda berbeda beda untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

Itulah 9 Tips untuk mengatasi password anda yang kurang aman karena dengan keamanan yang baik akan melindungi data dan privasi dari orang-orang yang usil pada kita. Demikian tips dari Tutor41 sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat...

3 comments:

  1. makasih, untuk cegah kebobolan gimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah mampir gan.
      kalau saya sih, setiap akun apapun saya update password secara berkala dan setiap masuk ke akun selalu saya buat verifikasi ke handphone saya gan..

      Delete
  2. min, ada aplikasi buat generate passoword enggak?

    ReplyDelete